foto

Kepala Desa Mekarmaju, Usep Bunyami (tengah) beserta para tokoh pengrajin pandai besi ( pengrajin/ pembuat golok dan perkakas pertanian dan lain lain)

Mediakasasi.com, Kab Bandung - Dalam rangka memperingati hari jadi Desa, Pemerintah Desa Mekarmaju melaksanakan acara tahunan, yaitu Milangkala. Milangkala adalah sebagai bentuk syukuran yang dilaksanakan bertepatan dengan hari berdirinya Desa Mekarmaju hasil Pemekaran dari Desa Pasirjambu.

Pelaksanaan kegiatan Milangkala Desa Mekarmaju yang ke - 40 mengambil tema "METAKEUN KARYA SANGKAN MAJU" di gelar di halaman juga di dalam gedung serbaguna kantor Desa Mekarmaju, Sabtu - Minggu (29 - 30/9/2024). Dan diisi dengan berbagai rangkaian acara, diantaranya ada gerak jalan santai, gerakan pangan murah, penampilan kreasi seni dan budaya selanjutnya di tutup dengan pengajian atau tabligh akbar.

Milangkala Desa Mekarmaju yang ke - 40 ini bertujuan mengingat atau mengenang kembali kepada para tokoh masyarakat yang dulu telah susah payah mendirikan Desa.

Menurut Usep Bunyamin sebagai Kepala Desa saat ini. Milangkala diambil dari bahasa sunda yang berati (Milang = Menghitung) dan (Kala = Waktu) jadi arti dari kedua suku kata tersebut adalah "Menghitung Waktu," terangnya.

Dan kalau diartikan lebih dalam lagi Milangkala adalah suatu filosofi ''Miindung ka waktu, Mibapa ka zaman" dan milangkala kali ini kami mengambil tema " ME'TAKEUN KARYA SANGKAN MAJU." atau dalam artian (Mengembangkan Karya Untuk Kemajuan Desa Mekarmaju), jelas Usep Bunyamin. 

Lebih lanjut Usep Bunyamin menerangkan setelah adanya pemekaran desa, dan menjadi dua desa, diantaranya Desa Pasirjambu dan Desa Mekarmaju sebagai pemekarannya. Kantor Desa Mekarmaju yang sekarang ini dahulunya adalah merupakan kantor Desa Pasirjambu, sedangkan pemerintahan Desa Pasirjambu membuat kantor baru, sambungnya.

"Semenjak di mekarkan dari Desa Pasirjambu pada tahun 1984. Desa Mekarmaju sekarang ini genap berusia 40 tahun, Dan di usia ke - 40 tahun ini semoga Desa Mekarmaju semakin Dewasa, matang di segala bidang serta lebih baik dan lebih maju lagi," kata Rabah, nama lain dari Usep Bunyamin.

Yang paling penting pada kegiatan Milangkala ini adalah salah satu upaya untuk memperat tali silaturahmi, juga mengenang serta menghormati dan menghargai jasa jasa pendahulu kami, yang telah berkiprah di kepemerintahan desa mekar maju mulai dari tahun 1984, Yang diantaranya adalah H . Oop Sopandi (Alm) beliau adalah Kepala Desa Mekarmaju yang pertama drngan lama jabatan mulai tahun 1984 - 2003, selanjutnya H. Cecep ( Alm) beliau menjabat jadi kepala desa Mekar yang ke dua maju mulai tahun 2003 - 2013, dan saya sendiri sebagai pemegang tongkat estafet dari para kepala desa terdahulu mulai dari tahun 2013 yang insyaallah sampai tahun 2027, jelas Usep.

Saya ucapan terimakasih kepada beliau beliau berdua yang telah meninggalkan dunia. Semoga atas segala amal baik dan pengabdian beliau berdua selama menjadi kepala desa, semoga menjadi amal ibadah dan ladang pahala bahi beliau berdua serta di mulyakan oleh alloh SWT, Aamiin. 

Dan saya berharap dengan adanya tablig akbar pada kegiatan Milangkala ini, semoga kami seluruh jajaran pemerintahan Desa dengan semua lembaga dapat menjalankan amanah dengan baik supaya Desa Mekarmaju ke depannya semakin maju dalam berbagai sektor maupun bidang, pungkas Usep Bunyamin.

***(Heri).