foto

Mediakasasi.com, Kab. Bandung---

Sebagai bentuk kepedulian para anggota pramuka dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi sebagian masyarakat, yang diaplikasikan dalam bentuk "Aksi Pramuka Peduli", yakni kegiatan bakti Pramuka bersama yang terintegrasi dan dikoordinasikan oleh Gerakan Pramuka guna mengembangkan sumber daya manusia, dalam penanggulangan bencana.

Hal ini sejalan dengan instruksi yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 230 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Peduli.

Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung dalam aksi "Pramuka Peduli" ini dimaksudkan untuk menciptakan kader handal memiliki watak sosial serta pengabdian masyarakat yang tinggi sebagai wujud kepedulian dan respon terhadap berbagai masalah yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Seperti baru-baru ini, "Aksi Pramuka Peduli" telah dilaksanakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung pasca terjadinya bencana banjir setinggi dada orang dewasa, dimana salah satunya menimpa SDN 01 Batu reungat Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, sehingga menyebabkan penumpukan lumpur serta tersumbatnya saluran irigasi.

Upaya nyata tersebut berupa sebanyak 16 orang anggota Pramuka menggerakkan pembersihan Lumpur dan perbaikan saluran air yang tersumbat, yang dilakukan oleh petugas Pramuka Peduli Kabupaten Bandung, yang langsung dipimpin Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup Kak Asep. D. Amijaya, pada Selasa, (12 /12/ 2023) kemarin.

Dalam kegiatan pembersihan lumpur dan perbaikan saluran tersebut, anggota Pramuka tersebut dibantu oleh 2 orang dari Jabar Scout Rescue serta anggota DKC Kabupaten Bandung.

Kak Asep. D. Amijaya mengatakan kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab sosial dan respon tanggap kami terhadap berbagai situasi dan permasalahan terjadi ditengah masyarakat akibat bencana.

"Mudah-mudahan kehadiran kami ditengah masyarakat, sedikitnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," tutupnya. *** (Arif)