Penyerahan PSU

Kang DS: PSU Diserahkan Setiap RW Terima Rp100 Juta

| Senin, 13 Mei 2024 | 08:52 WIB

foto

Mediakasasi.com | KAB BANDUNG--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) kembali menerima penyerahan tujuh lokasi prasarana sarana utilitas (PSU) perumahan di Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Minggu 12 Mei 2024.

Penyerahan PSU dari beberapa perumahan di wilayah tersebut, berkat kolaborasi Pemkab dengan tim panitia adhoc yang didukung masyarakat penghuni.

Tujuh perumahan yang menyerahkan PSU, diantaranya Perumahan Wartawan Galih Pawarti yang dibangun tahun 1978, Kutamas dibangun 1981, dan Kutamas Regency dibangun 2007 lalu.

Penyerahan PSU dari tim panitia adhoc diterima langsung Bupati Bandung Dadang Supriatna di Komplek Perumahan Wartawan Galih Pawarti Kelurahan Baleendah.

Dengan menerima penyerahan PSU dari 7 perumahan tersebut, Pemkab Bandung tercatat sudah menerima 66 perumahan dari pihak pengembang atau deplover.

Hal tersebut dikatakan Bupati Bandung Dadang Supriatna, menurutnya, dari 460 perumahan 70 diantaranya sudah menyerahkan PSU ke Pemkab Bandung.

Bupati Bandung menargetkan pada tahun 2024, pihaknya bisa menerima 100 PSU dari pihak pengembang atau deplover.

"Perumahan yang PSU-nya diserahkan dari tim panitia adhoc mewakili pihak pengembang ke Pemkab Bandung, bakal mendapatkan program PSPKB (Program Sinergitas Pembangunan Kelurahan Bedas) sebesar Rp 100 juta per RW," kata kang DS kepada wartawan.

Kang DS menjelaskan, Pemkab Bandung menerima 7 PSU perumahan di wilayah Baleendah dengan kondisi apa adanya. Dan itu, tentu akan menjadi PR dalam perbaikan atau peningkatan PSUnya.

"Karena mereka selaku warga masyarakat sudah menyatakan menerima dalam kondisi apa adanya. Kami akan berjuang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Kang DS menambahkan, di wilayah kecamatan Baleendah, terdapat sekitar 40 perumahan dan secara bertahan PSUnya akan diserahkan ke Pemkab Bandung.

"Pada Jumat lalu sudah 8 perumahan yang PSU-nya diserahkan, dan hari Minggu ini 7 PSU perumahan yang diserahkan," katanya.

Lebih lanjut Kang DS mengatakan, dengan adanya penyerahan PSU tersebut akan ditindaklanjuti Disperkimtan dengan menganggarkan untuk perbaikan infrastruktur di perumahan tersebut.

"Untuk perbaikan infrastruktur PSU yang diserahkan, nanti Disperkimtan akan menganggarkan secara bertahap," akunya.

Selain fokus pada penerimaan dan perbaikan PSU, selama 3 tahun menjabat Bupati Bandung, kang DS sudah memberikan pelayanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan kepada ratusan ribu warga Kabupaten Bandung.

Selain itu, Ia juga telah membangun lima rumah sakit umum daerah dan menggulirkan program pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Program pinjaman bergulir sebagai langkah memberantas maraknya bang emok, kami sudah mengalokasikan anggaran Rp70 miliar," katanya.

Adapun untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, kang DS juga sudah merealisasikan program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) lebih dari 7.000 per tahun.

"Perbaikan rutilahu dilakukan secara bertahan setiap tahun. Pada tahun 2021 sebanyak 7.300 rumah, tahun 2022 sebanyak 7.400 rumah dan tahun 2023 sebanyak 7.500 rumah," katanya.

Kang DS menegaskan, dengan menggulirkan berbagai program tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

"Tentu, saya berharap program yang sudah direalisasikan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat dan program itu akan dilanjutkan. Makanya, saya sangat siap untuk maju kembali pada pilkada 2024 nanti," pungkasnya. ***