foto

Kepala Desanya, Andriawan Burhanudin,SH./Istimewa

Mediakasasi.com, KBB-- Pembangunan Pasar sehat "Motekar' yang merupakan aset Desa Mekarmukti Kecamatan Cihampelas, Bandung Barat, kendati sempat tersendat dengan berbagai hal, akhirnya selesai juga hingga bisa ditempati oleh para pedagang.

Dalam perjalanannya, pembangunan pasar desa yang melibatkan pihak ketiga tersebut, pesimis bisa terwujud, kendati para pedagang sudah menyerahkan sebagian Dana Pertama (DP).

Berbagai kendala timbul, hingga pembangunannya tersendat. Untuk saat ini saja, tidak seluruh pedagang, dari 480 ditambah 12 kios yang ada tidak bisa menempati kios yang mereka pesan.

Ada sekitar 170 kios lagi yang belum menerima kunci, dikarenakan belum melunasi DP sesuai dengan kesepakatan dengan ketentuan harus menyelesaikannya dalam tempo dua bulan.

Demi menyelamatkan beban para pedagang,pemerintah desa mekarmukti, melalui kepala desanya, Andriawan Burhanudin,SH, eras otak agar persoalan itu dapat segera diselesaikan.

Dengan kepiawaiannya tampaknya hal itu dapat segera diselesaikan.

"Kami berupaya aga para pedagang tidak menanggung beban yang berat, sehingga kami berupaya menggandeng pihak ketiga lainnya, agar bisa menutupi keuangan pada pemborong yang hanya diberi toleransi 2 bulan.sehingga bila untuk menutupi pada pihak ketiga lainnya itu,diberikan waktu selama satu tahun "jelasnya.

Langkah yang dilakukan andriawan patut diacungi jempol,sehingga ia bisa menyelesaikan persoalan itu. Tidak dipungkiri, perjalanan pasar desa itu, bak benang kusut, sehingga harus diurai satu persatu, Kendati kades muda itu, hanya melanjutkan program kades lama dalam pembangunan pasar, dengan meninggalkan berbagai persoalan.tapi dengan sabar satu demi satu berbagai kendala bisa ia selesaikan.

"Dikarenakan masih ada pedagang yang belum bisa menempati kiosnya,maka untuk peresmiannya kami tangguhkan dahulu " katanya. ***