foto

Mediakasasi.com, Kab. Bandung---

Setelah video viral tahun 2023 dimana kemampuan dari Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Arqam yang mampu memberangkat santrinya sebanyak 200 orang ke tanah suci Makkah dan Madinah guna melakukan ibadah umroh, maka di tahun 2024 ini kembali diberangkatkan sebanyak 287 Santri satu angkatan untuk menjalani Ibadah umroh pada Selasa (16/1/2024)) sampai Rabu (26/1/2024) lalu.

Perjalanan ini dimata santri Darul Arqam angkatan 2941 merupakan sesuatu yang membahagiakan sekaligus sangat berkesan, oleh sebab pada tanggal tersebut Ponpes Darul Arqam Garut memberangkatkan santriwati tingkat akhirnya guna menunaikan ibadah umroh bersama setelah berhasil menimba ilmu di pondok pesantren tercinta selama 6 tahun.

Tak kurang dari 1000 orang bersuka cita mengantar melepas kepergian para santri ke tanah suci tersebut.

Sesampainya di Mekah, para santri langsung melaksanakan ibadah umroh dengan khusyuk dan tentunya di dampingi oleh para pembimbing dari pondok pesantren secara langsung seperti bapak Ustadz Ade Suryadi,Ustadz Giri Fajar dan didampingi oleh beberapa Muthowif disana.

Selain melaksanakan ibadah umroh, para santri juga diberikan kegiatan study tour ke beberapa tempat bersejarah islam yang berada di Mekkah dan Madinah.

Tak terlewatkan, para santri mengunjungi Universitas Islam Madinah sebagai referensi kelanjutan pendidikan bagi para santrinya, kedatangan jamaah darul arqam disambut baik dan hangat oleh pihak universitas, disana para santri dibawa mengelilingi universitas untuk mengenal lebih jauh, seperti perpustakaan dan gedung fakultas dari Universitas Islam Madinah.

Pihak Pondok Pesantren ini sangat bersyukur, mengapresiasi serta berterimakasih kepada pihak Universitas Islam madinah karena memberikan peluang kepada para santri Darul Arqam bilamana ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan di universitas islam tersebut

Selain kegiatan ibadah umroh, para santri juga antusias menjajaki kuliner yang ada disana seperti khunafa, nasi biryani, kebab, ice cream 1 riyal dan masih banyak lagi jenis kuliner lainnya.

Tak lupa, Para orang tua dari santri tersebut mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasinya kepada pihak pengelola Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah yang telah menggagas kegiatan ini.

Editor: : Aripudin

Sumber : Halwa Nur Ghauthiah