foto

Gerakan Pramuka Kota Cilegon menggelar kegiatan ORIENTASI TUNAS WIDYA (0TW) 2024 yang diselenggarakan di SKB Unit Pelaksana Teknis di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Cilegon

Mediakasasi.com | CILEGON--Gerakan Pramuka Kota Cilegon menggelar kegiatan ORIENTASI TUNAS WIDYA (0TW) 2024 yang diselenggarakan di SKB Unit Pelaksana Teknis di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Cilegon, kegiatan tersebut diawali dengan Upacara Pembukaan Lapangan Perkenalan Saka Pengenalan serta di isi beberapa kegiatan.

Kwgiatan tersebut diantaranya Bela Negara, Profesionalisme, Kedisiplinan, Keagamaan yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu 30-31 Agustus 2024.

Kak Hendrid Suko, sebagai Kepala Pusdiklatcab Kota Cilegon PW IV Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Cilegon menyampaikan bahwa kegitan Saka Widya Budaya Bakti Kota Cilegon kegiatan tersebut untuk "Menumbuhkan Peran Tunas Muda yang Loyalitas, Responsif, dan Cinta Budaya".

Bakti adalah wadah kegiatan Pramuka yang fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kegiatan ini mencakup berbagai bidang seperti pendidikan anak usia dini, seni, film, tradisi, sejarah, dan pelestarian cagar budaya.

Pembentukan Saka ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan dan budaya pada generasi muda, yang sangat penting dalam membentuk karakter yang mandiri, peduli, dan bertanggung jawab Sabtu ( 30/08/24 )

Dra. Hj. Heni Anitasusila, M. Pd. Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Widya Budaya Bakti Kota Cilegon yang biasa disapa akrab " Kak Heni "menegaskan bahwa Kegiatan orientasi Saka Widya Budaya Bakti di beberapa daerah, seperti di Kota Cilegon, melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari Dinas Pendidikan setempat, yang bekerja sama untuk membina dan mengembangkan minat anggota Pramuka dalam bidang ini.

Program-program seperti ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang lebih mengenal dan mencintai budaya lokal serta berkontribusi dalam pelestariannya Satuan Karya Widya Budaya Bakti (SWBB) Kwartir Cabang Kota Cilegon telah sukses menggelar kegiatan Orientasi Tunas Widya Budaya Bakti Tahun 2024.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membekali anggota baru dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, sesuai dengan krida yang ada di SWBB, seperti Bina Seni dan Film, Bina Sejarah, dan Bina Cagar Budaya.

Kegiatan orientasi ini juga mencakup berbagai materi pelatihan yang membantu anggota memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga dan melestarikan budaya serta meningkatkan kemampuan dalam bidang keaksaraan dan pendidikan usia dini.

Selain itu, program ini bertujuan memperkuat karakter dan keterampilan anggota Pramuka dalam menghadapi tantangan era globalisasi.

Dengan terselenggaranya acara ini, SWBB Cilegon berharap dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia melalui gerakan Pramuka Kak Ali Mahtum juga sebagai Penilik UPT SKB Unit Pelaksana Teknis di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Cilegon menambahkan bahwa "Orientasi Tunas Widya Budaya Bakti (OTW) 2024" adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti Kwartir Cabang Kota Cilegon.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan anggota baru kepada nilai-nilai budaya dan pendidikan yang menjadi fokus Saka Widya Budaya Bakti.

Dengan tema "Menumbuhkan Peran Tunas Muda yang Loyalitas, Responsif, dan Cinta Budaya",

kegiatan ini dirancang untuk membentuk karakter peserta yang tidak hanya setia dan tanggap terhadap perubahan, tetapi juga memiliki kecintaan yang kuat terhadap pelestarian budaya lokal.

Selama orientasi, para peserta diberi pelatihan dan materi yang berfokus pada berbagai aspek budaya, seperti sejarah, seni, dan film. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mereka, tetapi juga untuk memperkuat rasa tanggung jawab dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya IndonesiaBudi