Hadir pejabat daerah dan ulama

Haul Ulama Besar Nusantara di Pondok Pesantren Al-Turmudzi Semarang

| Jumat, 26 Juli 2024 | 10:54 WIB

foto

Acara Haul Ulama Besar Nusantara di Pondok Pesantren Al-Turmudzi Semarang, dihadiri para pejabat daerah dan Ulama Besar

Mediakasasi.com | Kab. Semarang -- Pondok Pesantren Al-Turmudzi Semarang menggelar acara Haul ulama besar Nusantara Kh.Has'yim Asy'ari Dan Syekh Muhammad Sanusi serta do'a bersama untuk Indonesia pada Kamis, (25/07/24).

Acara yang berlangsung di Ponpes Al-Turmudzi Semarang tepatnya di Kp. Tegalrejo Rt.005/003 Desa Bawen Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang dihadiri para pejabat daerah seperti Bupati Kabupaten Semarang, Camat Bawen, Danramil Bawen, Kapolsek Bawen dan Elemen masyarakat seperti DPD Grib Jaya Jawa Tengah, DPC Grib Bawen, Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (Jatman) Kab/Kota Se Indonesia.

Hadir juga dari PC/MPC NU Bawen, Kepala Desa Bawen, Banser, Tokoh Masyarakat, masyarakat sekitar serta para ulama Besar.

Acara haul tersebut dibuka oleh Habib Nisar Al-Athos.

Dalam sambutannya mengatakan acara haul ulama besar nusantara ini pertama kali diselenggarakan di Ponpes Al-Turmudzi Semarang.

"Semoga kedepannya acara seperti ini bisa lanjutkan kembali di ponpes ini," ujar Habib Nisar.

Selanjutnya penyerahan berupa tali asih berupa Al-Quran Kepada ketua DPD Grib Jaya Jawa Tengah Gus Riris dan Ketua DPC Grib Jaya Kabupaten Semarang Bogik Arianto oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Turmudzi Kh. Muhtarul Anam (Gus Anam).

Adapun pesan yang disampaikan kepada warga masyarakat Bawen dari Bupati Kabupaten Semarang yang tidak bisa hadir dikarenakan kondisinya sedang kurang sehat,dan diwakili oleh Camat Bawen.

"Saya mewakili Bapak Bupati Kabupaten Semarang menyampaikan pesan kepada warga masyarakat yang hadir dalam acara haul ini, bahwa kita sebentar lagi negara Indonesia tercinta akan melaksanakan HUT RI yang ke 79 semoga kita semua bisa merayakan acara tersebut dengan penuh suka cita."

"Tidak lupa Bapak Bupati menyampaikan permintaan maafnya karena tidak bisa hadir dalam acara ini, semoga dengan adanya haul ini menjadikan aura positif bagi warga masyarakat Kabupaten Semarang khusunya Kecamatan Bawen dan acara ini menjadikan tempat silaturahmi dalam suatu ikatan untuk kesatuan Indonesia Emas," ujar Camat Bawen.

Tambah pernyataan dari Kapolsek Bawen yang mendukung dengan adanya acara seperti ini, dan Kapolsek pun sangat antusias dengan hadirnya Pondok Pesantren Al-Turmudzi diwilayah hukum Bawen.

Begitu juga pernyataan dari Danramil Bawen yang mengatakan bahwa, jangan sampai melupakan jasa para ulama yang telah membantu merdeka kan Indonesia, karena ada peran penting para ulama dan kiyai ketika membuat negara Indonesia Merdeka dan bebas dari penjajahan.

Adapula pernyataan dari Ketua DPD Grib Jaya Jawa Tengah Gus Ririn dimana sebentar lagi dirinya akan melepaskan jabatannya sebagai Ketua DPD Jawa tengah dan akan kembali ke Pondok Pesantren Suryalaya sebagai rumahnya sekaligus menjadi guru dipesantren Suryalaya.

Gus Ririn pun mengamanatkan dan menitip suluruh DPC Grib Jaya yang ada di Jawa Tengah untuk di didik dan diberikan wawasan terutama ilmu agamanya.

Acara dilanjut dengan Dzikir bersama yang di Pimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Turmudzi Semarang Gus Anam.

Terpisah setelah selesai acara keterangan yang diberikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Turmudzi Semarang sekaligus pengasuh para santri Kh. Muhtarul Anam (Gus Anam)terkait acara haul ulama besar nusatara mengatakan.

"Allhamdullilah kami dipercayai dan ditunjuk oleh Gus Heru selaku sesepuh Ponpes Tebu Ireng untuk menggelar dan melaksanakan acara haul nusantara Kh.Has'yim Ash'ari dan Syekh Muhammad Sanusi, tentunya acara ini juga untuk mendo'kan bangsa Indonesia," ujar Gus Anam.

Selain itu kata Gus Anam acara haul ini untuk  meredam dan mempersatukan suatu kekuatan Agama Islam dari gejolak-gejolak aliran sesat yang kini sedang ramai di masyarakat.

"Tentunya acara ini selain mengenang dan memperingati ulama besar Nusantara juga untuk meredam dan mempersatukan suatu kekuatan Agama Islam dari gejolak-gejolak aliran sesat yang kini sedang ramai di masyarakat," kata Gus Anam.

Terlebih dirinya berterima kasih kepada para pejabat daerah Kabupaten Semarang dan seluruh steckholder maupun elemen masyarakat yang sudah hadir dalam acara haul.

"Kami sangat berterimakasih kepada para pejabat daerah Kabupaten Semarang dan seluruh steckholder maupun elemen masyarakat yang sudah hadir dalam acara haul ini semoga dengan acara ini lebih mempererat tali silaturahmi dan persaudraan" pungkas Gus Anam.

(Arent-Setiawan)