foto

Mediakasasi.com, Kota Bandung-

Hari ini, Partai NasDem Jawa Barat mendeklarasikan Putra Sulung Presiden ke-3 RI, Ilham Akbar Habibie sebagai Calon Gubernur Jawa Barat di Trans Luxury Hotel, Bandung, Sabtu (8/6/2024).

Setelah beberapa hari sebelumnya direkomendasikan secara langsung oleh Surya Paloh di NasDem Tower, Ilham Akbar Habibie dideklarasikan oleh DPW NasDem Jabar sebagai Cagub Jabar yang dihadiri langsung oleh pimpinan NasDem tiap Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Sebagai mana diketahui, Ilham Habibie lahir di Aachen, Jerman dan juga besar hingga menempuh pendidikan di Jerman, dimana kehadirannya dalam Pilkada 2024 ini menjadi warna baru bagi dunia perpolitikan khususnya di tanah Parahyangan/Pasundan.

Sikap DPP Partai NasDem yang menugaskan Ilham Habibie sebagai Cagub Jabar, merupakan bentuk tanggung jawab partai dalam memberikan ruang kepada cendekia untuk menguatkan pembangunan di Jawa Barat.

Langkah DPP Nasdem tersebut sangat diapresiasi oleh Ketua DPD NasDem Kab. Bandung, H. Agus Yasmin atau yang karib disapa Kang AY.

Ia berpendapat bahwa melalui pendekatan ilmu/sains yang dimiliki oleh Ilham Habibie, tentu Jawa barat bisa segera sejajar dengan provinsi lainnya bahkan dimungkinkan bisa menjadi paling maju dan terdepan tingkat nasional.

"Oleh sebab sosok Ilham mumpuni dari segi pemahaman kewilayahan, kapabilitas secara ilmu dan finansial, dalam kompetisi yang akan di ikuti dalam Pilgub Jabar serentak mendatang," tegasnya.

Namun demikian, Kang AY menyebut diskursus penempatan Calon Gubernur/Wakil Gubernur tidak semata ditentukan oleh figur personal, tetapi peran ketua partai yang dinahkodai Saan Mustopa menjadi penentuan lolos atau tidaknya, karena NasDem memerlukan koalisi dengan partai lain.

Akan tetapi, Kang AY menyakini dengan pola kepemimpinan Kang Saan yang komunikatif dengan partai lain tentu hal ini memungkinkan jika Ilham Habibie bisa didaftarkan di KPUD jabar menjadi kandidat calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar periode 2024-2029.

"Deklarasi hari ini menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan NasDem di Jawa Barat," tutupnya. *** (Arif)