foto

General Manager PT PALAWI RISORSIS Komarudin pengelola Destinasi wisata Kawah Putih

Mediakasasi.com, kabupaten Bandung - Tempat wisata paling favorit di kawasan Bandung selatan salah satunya adalah Kawah Putih.Dan untuk memancing animo wisatawan,Kawah putih kini sedang mengembangkan sarana prasarana wisata olahraga hutan dan gunung yang lokasinya di sunan rama yang tentunya masih diseputaran Kawah Putih.

Seperti yang di terangkan oleh General Manager PT Palawi Risorsis Komarudin bahwa kawasan wisata Kawah Putih banyak memiliki potensi potensi untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata yang mempunyai panorama indah dan mempesona dengan keasrian alamnya.

"Kami sekarang ini lebih kepada sustainble tourism atau dalam artian keberlanjutan wisata.Dan yang kami lakukan adalah, mempertahankan kelestarian kemurnian alam dari ekowisata ini,sehingga pengembangannya lebih kepada penyediaan sarana prasarana yang berkaitan dengan alam, kemudian mengembangkan bagaimana mengeksplor keindahan keunikan dan keragaman baik flora maupun fauna Kawah Putih,"terangnya.

Termasuk kita mengangkat dari lokasi sunan ibu,yang sementara saat ini sunan ibu menjadi tempat Favorit bagi para pengunjung yang ingin berburu sunrise maupun sunset.

Dan di sunan ibu tersebut,kami sedang membuka serta menata wisata astro tourism,dimana astro turisem itu dapat melakukan pengamatan rasi bintang dan benda-benda langit lainnya.

Sunan Ibu sengaja kami tata untuk menarik minat wisatawan yang mempunyai kegemaran dan hobi khusus tentang ilmu astronomi,di Sunan Ibu bisa melakukan penelitian juga fotografi atau merekam pergerakan rasi-rasi bintang,jelas Komarudin.

Selain Sunan Ibu,kami juga sedang mengembangkan wisata hiking ke sunan rama.Ini adalah inovasi yang sedang kami kembangkan dalam upaya memfasilitasi para pengunjung atau wisatawan yang senang berolahraga atau beraktivitas di hutan dan gunung,salah satunya yaitu hiking Sunan Rama Kawah Putih.

"Untuk wisatawan yang ingin melakukan hiking atau trek ke Sunan rama,kami siapkan pendamping wisata(Guide ) yang mana para pendamping tersebut asli masyarakat atau putra daerah seputar lokasi wisata,karena mereka lebih mengetahui situasi dan kondisi juga kultur wilayah seputar tempat wisata,baik itu cuaca ,trek atau medan menuju lokasi wisata,"tuturnya.

Kami juga selalu hati hati mengambil langkah dalam pengembangan ekowisata Kawah Putih ini,karena kalau kita menciptakan inovasi inovasi yang sifatnya visual atau modern dikhawtirkan takut merusak alam yang ahirnya terkontaminasi,karena bagi kami bukan hanya membuka usaha wisatanya saja tapi yang terpenting bagi kami adalah memanfaatkan alam untuk dijadikan wisata tanpa merusak alam justru seharusnya kita menjaga keaslian dan keasrian alam,pungkasnya.

***(Heri).