foto

Mediakasasi.com, Wonosobo--

Kawasan Dataran Tinggi Dieng adalah suatu daerah yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, daerah tersebut berada di wilayah 2 Kabupaten di Jateng yaitu Wonosobo dan Banjarnegara.

Kawasan Dataran tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata favorit dan cukup dikenal di Indonesia, selain destinasi wisatanya, kawasan Dieng juga merupakan penghasil sayur mayur terbesar di Jawa Tengah.

Dieng berasal dari bahasa Jawa Kuno (Dihyang), Di berarti tempat dan Hyang adalah Leluhur, jadi secara harfiah Dihyang bermakna tempat para leluhur. Selain itu Kawasan Dataran Tinggi Dieng juga dijuluki dengan nama Negeri di atas awan.

Selain karena lokasinya berada di ketinggian pada ±2.000 meter dpl yang dihimpit oleh pegunungan sehingga udaranya cukup dingin serta sering diselimuti kabut, terutama pada pagi dan malam hari.

Salah satu kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Dieng adalah menikmati panorama matahari terbit (Sunrise), salah satu tempatnya adalah di Pintu Langit Sky View yang terletak di Sidoarjo Desa Tieng Kec Wonosbo.

Menurut salah satu pengelola Pintu Langit Sky View, Amar kepada awak media mengatakan ” Tempat ini baru dibuka sekita satu bulanan”.

Lanjut Amar “Setelah melonggarnya PPKM, ada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung, pengunjung ke tempat ini kebanyakan datang dari Jakarta, Bandung serta Kota kota lainnya”.

“Pengunjung ke tempat ini pada hari hari libur sekitaran 100 sampai 150 orang, sementara harga tiketnya sebesar Rp 10 ribu per orang”  terang Amar.

Sekedar informasi bahwa di Pintu Langit Sky View selain bisa menyaksikan sunrise di pagi hari, kita bisa juga berswa photo karena pemandangan yang cukup bagus dengan hambatan pegunungan yang diselimuti kabut, selain itu didalam kawasan ini di sediakan juga tempat untuk sekedar meminum kopi atau makan makan bersama keluarga atau pasangan.

Diakhir perbincangan Amar berharap agar Pihak pihak terkait terutama Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo lebih membantu untuk mempromosikan tempat ini supaya geliat pariwisatanya lebih meningkat.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Bandung Jawa Barat Hendar (61) kepada awak media mengatakan “Saya baru pertama kali berkunjung ke Dieng terutama berkunjung Pintu Langit Sky View, tempat ini bagus dan bersih”.

“Saya berharap agar pengelola Pintu Langit Sky View lebih meningkatkan serta melengkapi fasilitasnya, supaya pengunjung lebih tertarik lagi untuk mengunjungi tempat ini” ucap Hendar.

“Kedepan saya akan berkunjung lagi ke sini dengan membawa rombongan tentunya” pungkas Hendar.***

Sumber : BE