foto

TNI AL Banten, Dalam rangka mendukung kegiatan Pusat Komando Pasukan Katak TNI AL menyelenggarakan Latihan Pasukan Khusus Kopaska tahun 2024 di P. Sangiang dan perairan selat Sunda pada 26 Februari sampai dengan 10 Maret 2024

Mediakasasi.com | BANTEN-- TNI AL Banten, Dalam rangka mendukung kegiatan Pusat Komando Pasukan Katak TNI AL menyelenggarakan Latihan Pasukan Khusus Kopaska tahun 2024 di P. Sangiang dan perairan selat Sunda pada 26 Februari sampai dengan 10 Maret 2024 mendatang.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten memberikan dukungan penuh baik tempat, personel maupun alutsista dalam kegiatan tersebut.Kamis (6/3/24).

Latihan yang melibatkan prajurit Satuan Kopaska Armada I Jakarta, Satuan Kopaska Armada II Surabaya dan Satuan Kopaska Armada III Sorong ini dipimpin langsung oleh Danpuskopaska TNI AL Laksamana Pertama Baroyo Eko Basuki.

Dengan dukungan dari Pesud Cassa CN 212 Aviocar U-6208 dan Heli Panther HS-1309 dari Pusat Penerbangan TNI AL yang diterbangkan dari Pangkalan Udara TNI AL Jakarta yang bermarkas di Pondok Cabe.

Adapun dukungan dari Pangkalan TNI AL Banten selaku satuan kewilayahan dengan menggerakkan tiga unsurnya yaitu Patkamla Combat Boat Pulau Sangiang I.3.57, RHIB Peucang dan RBB Pulau Deli sebagai unsur deploy Pasukan dan sejumlah Perahu Karet sebagai unsur SAR laut penerjunan.

Adapun materi yang dikembangkan dalam latihan ini adalah Infiltrasi Bawah Permukaan Air dengan Combat Diver, infiltrasi Lintas Permukaan dengan, Kraka Jetboard, Infiltrasi Lintas Udara dengan Terjun, Freefall, Heli Combat Medic Evacuation dan Taktik Satuan Kecil.

Pulau sangiang yg terletak di Selat Sunda dipilih sebagai daerah latihan karena wilayah tersebut memiliki nilai strategis, dimana Selat Sunda merupakan salah satu dari empat choke point dunia yang ada di Indonesia.

Selat Sunda juga merupakan bagian dari ALKI I yg menjadi lintasan kapal-kapal baik kapal perang maupun kapal niaga dari belahan bumi bagian selatan dan utara atau sebaliknya.

Sehingga kehadiran Kopaska TNI AL sebagai Pasukan Khusus Peperangan Laut mampu membawa efek yang strategis bagi kedaulatan NKRI, demikian penyampaian Danpuskopaska TNI AL disela-sela kegiatan Full Mission Profile yang merupakan tahap puncak dari Latpassus Kopaska TNI AL. (Budi)