Kerjasama BUMN-BUMD

bank bjb Perkuat Kerjasama Dengan Grup Krakatau Steel

| Jumat, 16 April 2021 | 12:22 WIB

foto

Kerjasama Bisnis antara bank bjb dengan Group Krakatau Steel/Istimewa

Mediakasasi.com, BANDUNG-- Guna menumbuhkan kinerja bisnis di 2021, bank bjb terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tak terkecuali dengan Grup Krakatau Steel sebagai salah satu BUMN dengan track record bisnis yang baik.

Kerjasama yang dilakukan bank bjb dengan Grup Krakatau Steel adalah penyaluran kredit kepada PT Krakatau National Resource (KNR). Hal ini ditandai dengan penandatangan kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak dalam rangkaian acara Sinergi BUMN-BUMD PT Krakatau Steel (Persero) Tbk & Group dengan BUMD Jawa Barat, di Convention Hall The Royal Krakatau Hotel, Cilegon, Banten, Kamis (15/4).

Dalam kesepakatan tersebut, bank bjb akan menyalurkan kredit senilai Rp78 miliar kepada PT KNR. Selain itu, bank bjb juga tengah memproses permohonan dari PT Krakatau Information Technology guna memperkuat kerjasama antara kedua belah pihak.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, kesepakatan yang terjalin hari ini akan menambah daftar panjang jalinan kerjasama bank bjb dengan Grup Krakatau Steel yang saat ini telah mencapai total eksposure senilai Rp247,52 miliar. Kolaborasi antara keduanya telah terbentuk sejak 2019.

"Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan juga terima kasih kepada Grup Krakatau Steel yang telah memberikan kepercayaan kepada bank bjb untuk pembiayaan rencana bisnisnya, baik untuk investasi pembelian aset ataupun mendukung modal kerjanya," ungkap Yuddy dalam keterangannya.

"Ke depannya, dengan berbagai nilai lebih yang dapat kami berikan, kami berharap kerjasama antara bank bjb dengan Grup Krakatau Steel dapat kembali ditingkatkan, sehingga bank bjb dapat menjadi bank pilihan utama untuk pengelolaan keuangannya," lanjutnya.

Adapun kerjasama antara bank bjb dengan Grup Krakatu Steel di antaranya mencakup pemberian kredit ke anak perusahaan PT Krakatau Steel, yaitu PT Krakatau Bandar Samudera dengan plafond sebesar Rp150 miliar dengan eksposure saat ini sebesar Rp144,44 miliar. Juga PT Krakatau Jasa Logistik dengan plafond sebesar Rp30,7 miliar dengan eksposure saat ini sebesar Rp25,08 miliar.

Selain itu, pada tahun 2020, cucu perusahaan PT Krakatau Steel, yakni PT Wahana Sentana Baja memiliki fasilitas cash collateral dengan plafon saat ini sebesar Rp15 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara sejumlah BUMN dengan BUMD di Jawa Barat lainnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan momen kerjasama ini akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Saya menyambut baik hal ini, karena ini merupakan bentuk perwujudan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jadi yang maju bukan hanya BUMN, tetapi juga BUMD. Dua-duanya sama, ujung-ujungnya pendapatan perusahaan baik BUMN maupun BUMD akan mengalir ke masyarakat. Kerjasama ini jadi percikan sinergi untuk memberikan kebaikan," ungkap Ridwan Kamil.

Dia juga meyakini sinergi antar BUMN dan BUMD di Jawa Barat tersebut akan berlangsung dengan saling menguntungkan, mengingat kinerja sejumlah BUMD di Jawa Barat yang tetap gemilang di masa pandemi Covid-19, tak terkecuali bank bjb.

"bank bjb ini adalah BPD terbaik se-Indonesia. Ketika yang lain (pertumbuhannya) minus, ini satu-satunya bak yang semua pertumbuhannya positif. Kuncinya satu, saya tidak pernah kompromi dengan SDM-nya, tidak ada intervensi dalam pemilihannya," ungkapnya. 

Dia mengatakan, sebanyak 6 BUMD di Jawa Barat tahun ini masuk ke dalam kategori BUMD terbaik se-Indonesia.

Editor : Gindo