foto

Camat Pasirjambu,Nia Kania, S.PT., M.I.L. menyarankan kepada perangkat desa agar membentuk Desa Sehat

Mediakasasi.com, Kabupaten Bandung - Dalam upaya menciptakan Kecamatan yang sehat. Juga dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten Bandung menuju ke Penilaian kabupaten/kota sehat tahun 2025, pemerintah Kecamatan Pasirjambu menggelar rapat koordinasi Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS). Bertempat di aula kantor kecamatan, Rabu (04/09/2024).

Rapat Koordinasi tersebut di hadiri langsung oleh Camat Pasirjambu, Nia Kania, S.PT., M.I.L. Sekretaris Kecamatan, Dani Ramdani S.TP. Sekretaris Desa se - Kecamatan Pasirjambu, kader PKK, serta para tamu undangan lainnya

Pada kegiatan yang diselenggarakan olehnya, Nia Kania selaku Camat mengatakan bagaimana cara menciptakan Kecamatan Pasirjambu yang sehat. Salah satunya adalah dengan membentuk desa sehat. Yang nantinya desa sehat tersebut membentuk Kelompok Kerja (Pokja) relawan lingkungan yang melibatkan kader PKK atau Kader Posyandu juga Karangtaruna.

"Tugas dari Pokja relawan lingkungan tersebut adalah melakukan pengolahan sampah, baik di daur ulang atau pembuatan pupuk organik juga kerajinan tangan. Selain itu relawan lingkungan kami mohon untuk melakukan pemotretan titik titik tempat pembuangan sampah liar, dan dari hasil pemotretan tersebut poto nya agar diserahkan ke desa, yang selanjutnya desa melaporkan ke kecamatan untuk di tindak lanjuti," terangnya.

Dan sebagai langkah untuk menindak lanjutinya, Pemerintah Kecamatan akan bekerjasama dengan lingkungan hidup untuk membersihkan serta menariknya memakai armada atau Dump Truck ke pembuangan sementara atau akhir. Lalu kemudian dilakukan penertiban serta pengamanan tempat pembuangan liar tersebut, imbuhnya.

Jadi penanganan masalah sampah ini harus berdasarkan komitmen bersama, dan salah satu aplikasi yang dilakukan dalam penanganan sampah yang darurat ini adalah membersihkan sampah dari tempat-tempat pembuangan liar yang berada di sekitar kawasan kecamatan Pasirjambu yang selama ini masih belum tertangani.

"Ini adalah bagian dari tindak lanjut program kerja yang di yang di inisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung," jelas Nia.

Besar harapan kami permasalahan sampah di kecamatan Pasirjambu bisa tertangani dengan baik, kami mohon doa dan kerjasamanya dari semua pihak mudah-mudahan langkah dan upaya kami ini bisa membawa menjadikan kabupaten Bandung yang BEDAS serta bebas dari sampah, pungkasnya. ***(Heri).