foto

KKN Mahasiswa Unla mendorong program Desa Ciapus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM)

Mediakasasi.com | Kab Bandung-- Mengatasi masalah sampah di Desa Ciapus, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung menjadi program utama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Langlangbuana (Unla).

KKN Mahasiswa Unla kelompok 11 tersebut, dilakukan mulai tanggal 25 Juli hingga 25 Juli Agustus 2024 mendatang.

Selain mengatasi masalah sampah, KKN Mahasiswa Unla kelompok 11 tersebut, juga mendorong program Desa Ciapus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Hal tersebut disampaikan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Mahasiswa Unla Kelompok 11 Yogi Gumilar Saeful Akbar, KKN tersebut digelar untukenerspkan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa.

"KKN Mahasiswa Unla kelompok 11 digelar untuk menerapkan ilmu pengetahuan mahasiswa dalam situasi nyata," kata Yogi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (25/7/2024).

Selain menerapkan ilmu pengetahuan, KKN Mahasiswa digelar untuk mengabdi kepada masyarakat, serta mengembangkan soft skills dalam komunikasi dan kepemimpinan.

Melalui program tersebut, lanjut Yogi, Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan empati dan kepedulian sosial dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

"Harus, Mahasiswa yang mengikuti KKN harus memiliki kepedulian sosial serta mendapatkan pengalaman kerja yang relevan," jelasnya.

Lebih lanjut Yogi mengatakan, KKN Mahasiswa digelar juga bertujuan untuk memperkuat identitas mahasiswa sebagai agen perubahan dan pemimpin masa depan.

Yogi menambahkan, Mahasiswa Unla yang berpartisipasi dalam program KKN akan bekerja sama dengan warga Desa Ciapus dalam berbagai kegiatan, seperti pengelolaan sampah dan pemberdayaan masyarakat.

"Melalui Program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi desa sekaligus mengasah kemampuan dan pengetahuan mahasiswa," tegasnya.

Program KKN Mahasiswa Unla kelompok 11 tersebut disambut baik warga Desa Ciapus, hal tersebut disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Ciapus Tardiana. Menurutnya, atas nama warga Desa Ciapus, pihaknya sangat menyambut dan mengapresiasi program KKN Mahasiswa Unla di Desa Ciapus.***