Bupati Bandung Janji Buat RDTR Berbasis Digital

| Senin, 27 Maret 2023 | 15:14 WIB

foto

Rapat Persiapan Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR melalui ABT BA BUN Tahun 2023/Repro

Mediakasasi.com, KAB BANDUNG-- Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia, Gabriel Triwibawa meminta pemerintah daerah untuk segera membentuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang terintegrasi dengan aplikasi Online Single Submission (OSS). Baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota se Indonesia.

Hal ini disampaikan Gabriel Triwibawa dihadapan sejumlah bupati walikota yang hadir pada Rapat Persiapan Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR melalui ABT BA BUN Tahun 2023 dan Penandatanganan Pakta Intergritas yang berlangsung di The Tribata Darmawangsa di Jakarta Selatan, Senin (27/3).

"Pak Presiden telah memberikan arahan bahwasanya dalam kerangka pertumbuhan ekonomi dibutuhkan investasi. Untuk menciptakan investasi maka dibutuhkan proses perijinan yang cepat. Dan untuk mendukung kelancaran proses perijinan itu, diperlukan penyesuaian RDTR", ungkap Gabriel dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/3).

Menyikapi hal itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyatakan pihaknya sudah berkomitmen dengan jajarannya, untuk mengimplementasikan arahan Presiden Jokowi. Termasuk mengintegrasikan RDTR tersebut dengan aplikasi OSS.

"Kita siap membentuk RDTR berbasis digital," kata Bupati Dadang.

Selaku kepala daerah, bupati pun mengapresiasi jika Kementerian ATR/BPN akan mengusulkan Anggaran Biaya Tambah (ABT) ke Kementerian Keuangan. Dari awal ia menjadi Bupati Bandung, Dadang Supriatna sudah berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam proses perijinan.

"Bantuan anggaran itu, tentunya sangat mendukung kami di lapangan dalam teknis penyusunan RDTR,  yang nanti pada ujungnya dapat mempelancar proses perijinan di Kabupaten Bandung," ujarnya. (Gin)