foto

Jalan Butut (Rusak) Sepanjang Jalan di Desa Banjarsari- Desa Santosa (Foto : Istimewa)

Mediakasasi.com, Kab Bandung--

Kerusakan jalan tampak menganggu aktivitas pengendara yang melewati Jalan penghubung Kecamatan Pangalengan- Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, yang melewati Desa Banjarsari, Desa Santosa sampai Kertasari.

Jalan penghubung yang seharusnya mulus dan tidak menganggu ketertiban jalan, justru rusak parah dan sering membahayakan pengendara.

Terlebih saat hujan turun dan menggenangi lubang jalan. Lubang besar yang tergenang air menyebabkan pengendara hilang keseimbangan hingga terjatuh.

Jalan rusak ini diketahui sudah lama, dan sekitar empat tahun belum ada perbaikan dari pemerintah.

Menyangkut jalan rusak ini, Pemkab Bandung khususnya Dinas PUTR perlu di ingatkan terkait ada sanksi apabila membiarkan jalan rusak.

Sesuai Pasal 24 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dimana penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Menurut warga sekitar pengguna Jajang, Iwan beralamat desa margamekar RT 2 RW 6 Desa Margamekar Pangalengan, mengatakan pernah mengalami kecelakaan jatuh dari motor karena jalan jelek.

"Sampai-sampai warga waktu itu turun memperbaiki dengan menimbun lobang jalan dengan tanah dan batu koral," ujar Jajang, Pangalengan, Kamis (12/5/2022) kemarin.

" Sepanjang pengetahuan kami, jalan tersebut selama empat tahun ini belum diperbaiki. Disamping jalannya yang rusak berat, sepanjang jalan tersebut  juga tidak terpasang rambu dan beberapa titik PJU mati ketika malam hari," terangnya.

Untuk itu, warga pengguna jalan ini pun mendesak pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut agar tidak membahayakan pengendara hingga menelan korban jiwa.***