Terkait Dukungan Pendirian SMP Desa Lagadar

Camat Margaasih : Semoga Tahun 2021 Terealisasi SMP Negeri Lagadar

| Rabu, 7 April 2021 | 12:07 WIB

foto

Camat Margaasih Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Drs. Asep Ruswandi, M. Si. (Foto : Arif)

Mediakasasi.com, Kab. Bandung--  Camat Margaasih Drs. Asep Ruswandi, M.Si dan Korwil Disdik Margaasih H. Dadang Ruhiat, SE, M.Si dukung penuh pendirian SMP Negeri di Desa Lagadar dan semoga tahun 2021 ini bisa terealisasi minimal pembelajaran jarak jauh dengan menginduk kepada SMPN 1 Margaasih, sebagai langkah awal.

Kebijakan zonasi yang diluncurkan pemerintah tahun 2017 lalu belum sepenuhnya berjalan lancar serta sesuai dengan harapan masyarakat, karena belum sepenuhnya di dukung oleh sarana infrastruktur sekolah.

Hal ini sangat merugikan peserta didik yang jaraknya jauh dari sekolah, nilai akademik yang bagus pun terasa sia sia, kebijakan ini sampai sekarang masih menjadi pro kontra di kalangan masyarkat, sementara Wajib belajar 12 tahun terus digunakan Pemerintah.

Di wilayah Desa Lagadar Kec Margaasih Kab Bandung, hingga saat ini belum memiliki sarana sekolah tingkat SMP, jangankan Negeri, Sekolah swasta pun tidak ada, jarak ke sekolah negeri relatif jauh, sementara ke sekolah swasta jumlah penerimaan siswa baru terbatas.

Saat ini di Lagadar tercatat ada sekitar 10 Sekolah Dasar, dengan jumlah lulusan tiap tahunnya sekitar 270 anak, oleh sebab itu Pemerintah Desa Lagadar telah membentuk tim untuk mendirikan Sekolah SMP di daerah ini untuk menyelamatkan anak anak usia sekolah agar bisa melanjutkan bersekolah.

 Kepala Desa Lagadar Ujang Saefudin saat diwawancarai menuturkan Pendirian SMP ini mutlak di perlukan, ini untuk keberlangsungan pendidikan anak anak yang ada di Lagadar, kami telah membentuk tim untuk pendirian SMP, tim ini sekarang sedang bekerja, ungkap Ujang Saefudin.

Selanjutnya Saat wawancara diruang kerjanya, Selasa 6/4, Camat Margaasih berharap ke depan anak anak lulusan SD di Lagadar 100% dapat melanjutkan ke jenjang SMP yang nantinya untuk meningkatkan SDM dibidang Pendidikan.

Dukungan juga datang dari Korwil Disdik Kec Margaasih H. Dadang Ruhiat, SE, M.Si menuturkan mendukung penuh aspirasi masyarakat Desa Lagadar untuk mendirikan sarana pendidikan, baik SMP, SMK maupun PKBM. (Arif)