foto

Mediakasasi.com | Kabupaten Semarang -- Diresmikannya Pondok Pesantren Al-Turmudzi III yang beralamat di Jl. Tegalrejo Rt.05/03 Desa Bawen Kecamtan Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Minggu,(16/06/24) disambut baik oleh warga masyarakat sekitar.

Dengan hadirnya Pondok Pesantren Al-Turmudzi III di tengah warga masyarakat  ini bisa berdampak positif dan menjadikan pondasi ilmu keagaaman bagi warga masyakarat sekitar.

Acara peresmian ponpes Al-Turmudzi III selain dihadiri oleh warga masyarakat sekitar hadir juga Sekretaris Jendral (Sekjen) PCNU Kab.Semarang, Jajaran Polsek Bawen, unsur pemerintahan Kecamatan Bawen dan juga Habib Nisar Al-Athos.

Dalam sambutannya Sekjen PCNU KH. Abdul Kholik menyampaikan hadirnya ponpes Al-Turmudzi III menjadi kebanggaan dan bersyukur dapat membantu pemerintah daerah, dalam menguatkan pendidikan berbasis agama didaerah ini.

"Selamat atas berdirinya Pondok Pesantren Al-Turmudzi III Teriring do'a semoga menjadi sarana syiar islam di Kab.Semarang  Semoga dari pondok ini juga akan melahirkan generasi penerus bangsa insani qurani dan berakhlakul karimah, juga bisa membantu pemerintah dalam menguatkan pendidikan berbasis agama didaerah ini dan juga semoga Pondok Pesantren ini bisa memberi manfaat atau keberkahan bagi masyarakat di sekitarnya," ujar Sekjen PCNU.

Begitupun kata pengasuh Pondok Pesantren Al-Turmudzi KH. Muhtarul Anam (Gus Anam) mengatakan Hadirnya Pondok Pesantren ini untuk meningkatkan keagamaan serta sebagai sarana sebagai penguatan diri untuk Negara Indonesia demi keutuhan, kenyamanan dalam bermasyarakat.

"Hadirnya pondok pesantren ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dan lebih luas lagi untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Semarang, Peran ponpes ini dalam rangka menanamkan ajaran islam dan membimbing para santri/santriwati menjadi generasi yang soleh dan solehah, cerdas, terampil, dan mandiri," kata Gus Anam.

Pondok pesantren adalah garda terdepan dalam mewujudkan islam yang rahmatan lil alamiin di negara ini. Sumber daya manusia (SDM) unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat.

"Ada hadist yang menegaskan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya, memiliki semangat untuk berkompetisi, semangat fastabiqul khairat, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, cinta tanah air, dan berakhlak mulia atau berakhlakul karimah," ujar KH. Muhtarul Anam.

Selain hanya itu kata Kapolsek Bawen berharap keberadaan Pondok Pesantren ini bisa memberi manfaat dan keberkahan bagi masyarakat di sekitarnya dan  mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman, terutama degradasi moral bagi generasi muda.

“Satu satunya cara generasi muda kita tidak terjerumus paham radikal, narkoba, minuman keras dan seks bebas adalah dengan memperkuat ilmu agama. Pondok Pesantren ini semoga bisa membentengi generasi muda kita dengan ilmu agama,” pungkasnya.

Arent