foto

Adik kandung dari pasien yang terkonfirmasi Covid -19 Ida Farida

Mediakasasi.com | Kab. Garut - Satu lagi pasien yang dinyatakan terkonfirmasi Covid 19 oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet Garut mendapat reaksi keras dari keluarganya yang tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh tim kesehatan tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh adik kandung dari Pasien, Ida Farida warga Kampung Cipicung RT2, RW 01 Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut yang menolak keras atas putusan RSUD dr. Slamet Garut, dirinya merasa Kakaknya tidak pernah memiliki riwayat Covid 19, ataupun pernah berhubungan dengan pasien-pasien lainnya yang terkonfirmasi.

"Kakak saya menderita jantung, lalu saya bawa ke klinik dr. Asep di Cipicung, dan ditangani oleh dr. Syahrial, kemudian kami diberi rujukan untuk membawa nya ke RSUD dr Slamet Garut, karena dalam keadaan panik saya tidak membaca surat rujukan tersebut," ungkap Ida.

Ida menambahkan pihak keluarga mempertanyakan hasil SWAB, karena pihaknya bersikukuh, sang kakak yang meninggal dunia pada pukul 03.00 WIB di RSUD dr. Slamet Garut, sebelumnya hanya divonis sakit jantung biasa.

Di tempat terpisah, Kepala Klinik Dr. Asep menyebutkan, sebagai tenaga kesehatan yang diwajibkan untuk mengedepankan protokol kesehatan, pihaknya harus mewaspadai setiap gejala penyakit yang mengindikasikan kuat diduga terpapar Covid 19, sehingga penyebarannya menjadi dapat terkendali.

"Kami mempunyai SOP yang jelas terkait penanganan pasien covid 19, begitu juga dengan almarhumah yang dirujuk ke RSUD Dr. Slamet tentunya kesimpulan yang dikeluarkan oleh kami dengan menyebutkan suspec Covid 19 berdasarkan observasi dokter yang menanganinya," aku dr. Asep.

Namun apapun yang sudah ditetapkan oleh RSUD dr. Slamet Garut terkait status almarhum yang terkonfirmasi positif Covid, pihak keluarga belum bisa menerima, dan berharap akan menemukan titik terang di kemudian hari.

Sementara almarhumah telah dikebumikan di Pemakaman Umum di Kecamatan Banyuresmi dengan protokol Kesehatan. (Red**)