foto

Vaksin Covid-19

Mediakasasi.com | Kab. Garut - Memasuki akhir Januari 2021, belum ada vaksinasi Corona di Kabupaten Garut. Padahal, Bupati Garut Rudy Gunawan, sebelumnya menyebut vaksinasi akan dilakukan mulai bulan ini.

Belakangan diketahui, vaksinasi molor dilakukan lantaran vaksin COVID-19 belum sampai di Kabupaten Garut. Rudy membenarkan hal tersebut.

"Kami belum menerima pasokan vaksin dari pemerintah," ucap Rudy kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Rudy menyebut hingga saat ini vaksin virus COVID-19 belum ada di Garut. Garut rencananya kebagian 3,6 juta dosis vaksin untuk 1,8 juta warga.

"Itu ditentukan oleh Kemenkes. Garut berdasarkan keputusan Kemenkes akan menerima 3,6 juta (dosis)," katanya.

Rudy sendiri sebelumnya menyebut vaksinasi COVID-19 akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Januari. Hal tersebut diungkap Rudy saat melakukan simulasi vaksinasi di Puskesmas Pembangunan, Jumat (8/1) lalu.

Tenaga kesehatan disebut Rudy akan dapat jatah pertama untuk divaksin. Disusul pejabat publik, TNI-Polri hingga tenaga pendidik serta masyarakat umum.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Garut Leli Yuliani mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat Dinas Kesehatan, vaksin COVID-19 baru akan didrop dari pusat ke provinsi hari ini.

Vaksin virus COVID-19 lanjut Leli, baru akan disebar ke kabupaten/kota oleh Pemerintah Provinsi Jabar awal Februari 2021.

"Dari provinsi ke kabupaten/kota di jadwal itu minggu pertama Februari," pungkas Leli. (Red**)

Editor: Heri Muslim