foto

Penyaluran bantuan yang diberikan secara simbolis. (Foto:Humas Pemkab Ciamis)

Mediakasasi.com, CIAMIS-- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri Penyerahan 100 Unit Alat Mesin Pertanian berupa mesin perontok padi (power tresher) kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lakbok di lingkungan Pondok Pesantren Mamba’us Shalihin, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (28/12/2020).

Pemberian alat mesin pertanian tersebut adalah bentuk kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Ciamis.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis. Kegiatan tersebut merupakan wujud pemberdayaan masyarakat tani melalui pengembangan dan pemanfaatan inovasi teknologi tepat guna (TTG), untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim Ciamis, Kepala Dinas Pertanian, Camat Lakbok, Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis, Pimpinan Pesantren Mamba’us Shalihin, serta Forkopimcam Kecamatan Lakbok.

Wakil Bupati Ciamis pada kesempatan itu berharap, bantuan tersebut bisa membantu masyarakat, kelompok tani dalam mekanisasi pertanian agar lebih efisien dan efektif.

Yana mengatakan, tantangan pertanian semakin kompleks. Ini disebabkan isu yang berkembang seperti ketahanan pangan, proses produksi, dan rendahnya sumber daya pertanian.

“Hari ini yang menjadi tantangan bukan hanya pada proses produksi, tapi pengembangan teknologi yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis Maulana Sidik, mengatakan pemberian alat mesin pertanian akan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama 100 unit dan tahap kedua 185 unit.

“Di tahap kedua ada 185 unit lagi dan akan dihibahkan pada Gapoktan,” kata Sidik.

Ditambahkannya, bantuan tersebut diharapkan selain menghidupi petani juga menggerakkan para pemuda di tengah pandemi. (Marwan)