foto

dr Dewi Basmalah,MARS. sebagai panitia pelaksana menyampaikan pidatonya dalam kegiatan HKN ke - 59 yang mengusung tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia maju

Mediakasasi.com, kabupaten Bandung -Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang di gelar di Dome Bale Rame kabupaten Bandung, Minggu 19/11/2023.

Kegiatan HKN tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Barat,Bupati Bandung,para direktur rumah sakit pemerintah maupun swasta,Rumah Sakit vertikal,Rumah sakit TNI, Rumah sakit polri,ketua tim penggerak PKK provinsi Jawa Barat,para kepala dinas kesehatan seluruh kabupaten dan kota,para pimpinan mitra organisasi profesi,organisasi masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Panitia Pelaksana,dr.Dewi Basmala, MARS, pada kesempatannya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023.

"Penyelenggaraan HKN ke-59 ini berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan,peraturan presiden nomor 1 tahun 2013 tentang gerakan masyarakat hidup sehat,serta peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 81 tahun 2021 tentang gerakan masyarakat hidup sehat dan buku panduan peringatan Hari kesehatan Nasional tahun 2023 bidang kesehatan,"paparnya.

Adapun tujuan dari pada peringatan HKN ini adalah salah satu upaya guna mendorong program kemitraan dalam bidang kesehatan juga kolaborasi mendukung transformasi kesehatan Indonesia maju,juga salah satu langkah dalam mendorong promosi gaya hidup sehat pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi penta helix,serta meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat dalam menjaga kesehatan,dan menjadi momentum evaluasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Selain itu,kami menyelenggarakan seminar dan edukasi kesehatan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat,tentang pengabdian terhadap masyarakat,donor darah,pemeriksaan dan konsultasi gratis,kampanye protein hewani, gerakan aksi bergizi yang dilaksanakan di 1.199 titik atau di setiap puskesmas,juga di sekolah sekolah baik SMP,SMA atau sederajat, kegiatan senam bersama,sarapan bersama dan minum tablet tambah darah bagi remaja putri yang dilaksanakan serentak pada tanggal 9 November 2023,lomba karaoke,mini soccer, juga pemilihan duta kesehatan dan lomba video inovasi kesehatan di sekolah,pameran transformasi kesehatan dan hiburan lainnya,tutur Direktur Rumah Sakit Al Ihsan, dr.Dewi Basmalah,MARS.

Sebagai panitia pelaksana dr.Dewi Basmalah,MARS. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi Jawa Barat dan pemerintah kabupaten Bandung yang telah membantu dan memfasilitasi atas terlaksananya kegiatan HKN ke-59 ini, terima kasih kepada bapak bupati Kabupaten Bandung,juga kepada Dinas Kesehatan seluruh kabupaten dan kota,pungkasnya.

***(Heri).