foto

Kepala Bagian Pengadaan Lelang dan Jasa Setda Pemkab Bekasi, Iman Nugraha

Mediakasasi.com, BEKASI-- Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana untuk melakukan pelelangan kegiatan pembangunan tahun 2021 secara serempak. Sedikitnya terdapat 257 kegiatan konstruksi yang bakal digelar dalam waktu dekat ini.

Kepala Bagian Pengadaan Lelang dan Jasa Setda Pemkab Bekasi, Iman Nugraha menjelaskan, pembangunan konstruksi tesebut tersebar di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Binamarga Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), kemudian Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, serta Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan.

"Kami telah melaksanakan lelang serempak sejak tanggal 24 Juni lalu, dan mayoritas pembangunan pada tiga OPD tersebut,” kata Iman, Senin (28/6).

Iman optimis, pembangunan Kabupaten Bekasi bakal berlangsung tepat waktu, apabila mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pengadaan barang dan jasa Pemerintah.

"Terdapat aturan untuk waktu pelaksanaan pengadaan berubah, sebelumnya menggunakan hari kerja pada saat ini menggunakan hari kalender. Kami maksimalkan bisa mempersingkat waktu pelaksanaan tender fisik yang sekarang sedang dilaksanakan lelang fisik serempak, kegiatan di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, dan Dinas Binamarga dan PSDA, serta Disperkimtan terhitung sejak tanggal 24 Juni 2021, semoga saja pertengahan Juli sudah didapat pemenang lelang,” harapnya.

Apabila proses lelang berjalan sesuai dengan rencana program kerja. Iman memprediksi di akhir Juli sudah mulai pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan serta pengairan dan bangunan negara seperti sekolah.

"Jadi diharapkan segera didapatkan manfaat pembangunan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi dan penyerapan anggaran dapat maksimal dengan waktu pelaksanaan yang memadai untuk penyelesaian pekerjaan dengan tepat waktu dan tepat kualitas,” tandasnya. (Asted)