foto

Kalak BPBD Akhmad DJohara saat pimpin Rapat Persiapan Pembentukan Desa Tangguh, Sekolah Sungai, FPRB (Foto : Arif)

Mediakasasi,com, Kab.Bandung--  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Akhmad DJohara memimpin rapat persiapan pembentukan Desa Tangguh Bencana sebagai bentuk inovasi berbasis masyarakat, bertempat di kantornya Komplek Perkantoran Soreang, Kamis (10/6/2021).

Selain persiapan pembentukan Desa Tangguh Bencana, pun akan dibentuk Sekolah Sungai, Rencana Pengukuhan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang rencana akan dihadiri dan di launching Bupati Bandung Dadang Supriatna, bertempat di Lapangan Sepak Bola RTH Kampung Cipeundeuy Desa Ciluluk Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Selasa (15/6/2021) Pukul 10.00 Wib.

Saat diwawancarai tim mediakasasi.com sesudah rapat tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kab.Bandung Akhmad Djohara mengatakan bahwa Desa Tangguh Bencana akan di bentuk di desa yang sering, pernah atau rawan bencana baik banjir, longsor, puting beliung maupun banjir rob, dengan melibatkan pemerintah desa, warga, dan swasta.

Lebih lanjut Akhmad DJohara menjelaskan dengan dibentuknya Desa Tangguh Bencana diharapkan warga didesa tersebut mampu. menanggulangi bencana secara mandiri, dan digembleng agar mereka mengetahui potensi bencana, tanda-tanda akan adanya bencana, dan bagaimana cara berkoordinasi dengan pihak terkait, SOP tanggap darurat, dan lain-lain.

" Dengan demikian resiko bencana bisa di elemininasi dan warga Desa Tangguh Bencana juga diharapkan bisa membantu desa lain yang terkena bencana," Pungkas Akhmad DJohara.

Hadir dalam rapat persiapan tersebut antara lain Asisten Pembangunan dan Kesra, dan unsur lainnya. (Arif)