foto

Kepala Desa Tarumajaya kecamatan Kertasari,Ahmad Ikhsan,SE (tengah) bersama para staf Desa Usai menerima Penghargaan Sebagai Kepala Desa Inspirasi Bersih Dan Hijau

Mediakasasi.com, kabupaten Bandung - Untuk yang ketiga kalinya dan secara berturut turut Kepala Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Ahmad Iksan,SE, mendapatkan penghargaan sebagai kepala desa infirasi bersih dan hijau dari bupati Bandung dalam acara penghargaan gelar kreasi budaya lingkungan dan launching inovasi bidang lingkungan hidup di Gedung Budaya Soreang, Rabu 17 Juli 2024.

Ahmad Ikhsan menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna serta kepada seluruh masyarakat desa Tarumajaya, yang mana pada saat ini saya sudah dipercayai untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sebagai kepala desa inspirasi hijau.

"Alhamdulillah ini adalah suatu penghargaan yang sangat berarti buat saya pribadi,yang mana pada saat ini kami dinobatkan sebagai kampung Bedas Inspiratif Bersih dan Hijau untuk yang ketiga kalinya tingkat Kabupaten Bandung tahun 2024,"katanya.

Dengan adanya penghargaan ini mudah mudahan jadi sebuah motivasi bagi kami selaku pemerintahan desa Tarumajaya bersama warga masyarakat agar tetap fokus serta konsisten menjaga juga melestarikan lingkungan hidup demi terjaganya konservasi berikut sumberdaya alam yang ada wilayah Desa Tarumajaya, dengan cara melakukan penanaman pohon secara berkala supaya demi terjaganya kelestarian alam di wilayah kami,ungkap kades.

Lebih lanjut,Ahmad Ikhsan selaku Kades mengatakan bahwa Pemerintahan desa Tarumajaya memiliki program terkait penanganan sampah "selain itu kami juga memiliki TPS3R guna menangani permasalahan sampah yang dikelola bersama warga di tingkat RW,dan kami pun mendapat dukungan serta berkolaborasi dengan salah satu perguruan tinggi telkom university 

Dari kolaborasi tersebut,alhamdulillah pada tahun 2023 TPS3R kami mendapatkan bantuan hibah berupa mesin inisiator pembakar sampah tanpa asap.

Kemudian dari pengolahan sampah tersebut kami produksi menjadi pupuk organik kemasan yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh para petani masyarakat desa Tarumajaya khususnya dan itu sudah berjalan selama 1 tahun hingga sekarang ini,pungkasnya.

***(Heri).