Bawaslu Kab Bandung :

ASN Tidak Ikut Jalan Sehat Bareng Anies

| Kamis, 19 Januari 2023 | 15:36 WIB

foto

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana

Mediakasasi.com, KAB BANDUNG-- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak ikut dalam kegiatan jalan sehat bersama bakal calon presiden usungan Partai Nasdem, Anies Baswedan pada Minggu (22/1) lusa.

Imbauan itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (19/1).

"Kalau ada ASN ikut, itu masuk dalam bagian pengawasan kita," kata dia.

Dia menuturkan, ASN itu mau ada kampanye maupun tidak, memang tidak diperolehkan karena ada di norma etiknya. Untuk itu, Kahpiana menegaskan kembali bahwa simbol-simbol partai tidak boleh untuk ASN.

"Kan enggak boleh, maka tiga pesan kita itu tidak ada aktivitas kampanye, tidak ada pengerahan ASN, tidak ada aktivitas pengerahan pejabat yang dilarang seperti BUMD plus tempat," ulasnya.

Sementara itu, dirinya juga menyinggung mengenai pencegahan mengenai fasilitas yang dibiayai oleh negara terkait kampanye pada Pemilu 2024 mendatang. 

"Tempatnya kegiatan itu kita pastikan pencegahan. Kemarin itu dalam proses profesional ada sewa menyewa, karena kan tempat umum dan fasilitas yang dibiayai oleh negara. Nah itu harus dipastikan ada proses profesional, karena kan fasilitas umum yang dibiayai oleh negara," terangnya.

Sebelumnya, pihaknya telah menyampaikan beberapa kisi-kisi kepada pihak penyelenggara dalam hal ini Partai Nasdem. 

"Itu yang saya sampaikan kepada Nasdem. Kemudian izin keramaian, itu kan di polres dan juga pemberitahuan kepada kami itu kita sampaikan," pungkasnya. (Red-01)