foto

Mediakasasi.com, Kab Bandung--Desa Alamendah optimis masuk 10 besar dan mentargetkan Juara dalam ajang kontestasi Anugerah Desa Wisata Indonesia. Hal ini diungkapkan Kepala Desa Alamendah H. Awan Rukmawan saat menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ke Curug Arboretum Park , Kp Cigadog Desa Alamendah Kec Rancabali Kab Bandung Propinsi Jawa Barat, Jum'at (10/9/2021).

H. Awan Rukmawan nenjelaskan, kunjungan Menparekraf ke Desa Alamendah dalam rangka memberi penilaian untuk masuk Kategori 10 besar tingkat nasional Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia, dimana Desa Alamendah sudah masuk 50 besar dari 1831 Desa Se-kabupaten Di  Indonesia.

"Bidang penilaian adalah ketahanan pangan, Pertanian, Pentas seni budaya, kearifan lokal dan potensi objek wisata yaitu Alboretum park," kata H. Awan.

Untuk  budidaya,  berbagai macam jenis pertanian berupa wortel, daun bawang, seledri, tomat dan berbagai macam jenis lainnya. Selain pertanian, juga optimalisasi dibidang aneka jenis produk UMKM dan pemanfaatan daur ulang limbah sampah. 

"Sedangkan untuk strategi khusus guna meraih juara, yaitu  dengan digitalisasi semua objek wisata di Desa Alamendah," tambahnya.

Senada Ketua TP PKK Desa Alamendah Hj. Nani Kurniati, untuk mendukung target juara, perlu  kerja keras dan  soliditas  dari semua element masyarakat bergerak, bekerja sama dan berkolaborasi guna mewujudkan target tersebut.

" Menyangkut kendala dalam pemasaran berbagai macam produk UMKM terdampak pandemi covid-19, akibat ditutupnya objek wisata,  kami meminta adanya solusi dari pemerintah pusat, pemerintah Propinsi dan pemerintah kabupaten dalam bentuk proteksi khusus, supaya harga dan daya beli  tetap terjaga," pungkas Hj. Nani. (Arif)