foto

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna Saat Peluncuran Kartu Tani Sibedas di Distan Kab. Bandung (Foto :Arif)

Mediakasasi.com, Kab. Bandung--  Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna meluncurkan Kartu Tani Sibedas, Kamis 22 Juli 2021. Hal ini bentuk Inovasi, realisasi, dan jawaban atas komitmen saat kampanye Pilkada Kabupaten Bandung 2020, guna meningkatkan kesejahteraan petani, dalam bentuk Kartu Tani Sibedas.

Kang DS mengatakan, kartu tersebut merupakan jawaban dari salah satu janji dirinya semasa kampanye Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Lebih lanjut Kang DS saat peluncuran Kartu Tani Sibedas di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menjelaskan Kartu Tani ini sebagai solusi untuk bisa membangkitkan semangat para petani dalam rangka melaksanakan kegiatan pertanian, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani.

" Kartu Sibedas ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan Bank BJB, sehingga kartunya berupa ATM yang disertai chip", Ungkap Kang DS.

"Dalam penggunaannya, nanti bekerjasama juga dengan obtaker, sehingga kalau ada bantuan program atau bantuan modal kerja dari pemerintah derah nantinya masuk ke rekening masing-masing yang mempunyai Kartu Tani Sibedas," kata Dadang.

Selain berfungsi sebagai kartu traksaksi, Kartu Tani Sibedas juga sekaligus menjadi kartu asuransi pertanian. Kartu tersebut akan disebar ke para petani di Kabupaten Bandung yang tergabung dalam kelompok tani dan sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Saat ini ada sekitar 40 ribuan petani yang sudah memiliki NIB. Nanti kita sebar Kartu Tani Sibedas ini by name by address," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tisna Umaran menambahkan Kartu Tani Sibedas ini merupakan inovasi dari Bupati Bandung, di mana sebelumnya sudah ada Kartu Tani dari pemerintah pusat.

"Pak Bupati membuat inovasi dengan Kartu Sibedas ini. Bedanya dengan Kartu Tani Sibedas, Kartu Tani dari pemerintah pusat itu kan hanya untuk transaksi bantuan pupuk bersubsidi yang bekerjasama dengan Bank Mandiri," kata Tisna.

Sementara Kartu Tani Sibedas akan memberikan bantuan bibit, pelatihan, pemberian modal, pengolahan sampai penjualan hasil tani.

"Jadi, Kartu Tani Sibedas ini tidak hanya sebatas pemberian subsidi untuk pembelian pupuk," ujar Tisna.***